Orang Indonesia Unduh 2,8 Miliar Musik Secara Ilegal Setiap Tahun

Author
Published April 24, 2022
Orang Indonesia Unduh 2,8 Miliar Musik Secara Ilegal Setiap Tahun
lagu

Asosiasi Industri Rekaman Indonesia mencatat bahwa industri musik Indonesia mengalami kerugian tahunan sebesar Rs 8,4 triliun melalui situs download musik gratis di Internet. Manajer Umum Asiri Venta Lismana mengatakan bahwa orang Indonesia mengunduh 2,8 miliar lagu setiap tahun melalui situs web ilegal.

“Ini sangat merugikan semua pihak yang terlibat di industri musik,” kata Venta di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2017. Asiri membawahi 80 industri rekaman di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 77 merupakan produksi lokal dan sisanya dari luar Indonesia.

Menurut dia, seharusnya pemerintah melarang situs download musik gratis karena merugikan industri musik tanah air. Dia mengatakan ada kebutuhan untuk program Offensive Website List (IWL), yang bertujuan untuk mengurangi pendapatan penerbitan dan iklan untuk situs bajak-an.

Melalui program ini, katanya, dapat mengurangi pembajakan di website dan melindungi hak cipta para pemangku hak cipta musik dan film di tanah air. Sejauh ini, lebih dari 300 situs web pembajakan musik dan film telah diblokir.

Ada total 45 situs musik bajak laut. Dia merekomendasikan memblokir 84 situs industri musik bajak-an. Tujuannya untuk mengurangi tingkat pembajakan hak cipta di dunia maya.

“Hal terbaik untuk industri musik adalah streaming di situs yang sudah memiliki legitimasi resmi,” katanya. “Karena banyak dari mereka yang membajak, pendapatan yang didapat dari industri musik digital hanya 14 persen.”

sumber: tempo.co

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads